Fashion

TAHUKAH ANDA BAHAYA KIPAS ANGIN UNTUK TUBUH ANDA

No Comments


TAHUKAH ANDA BAHAYA KIPAS ANGIN UNTUK TUBUH ANDA


resepkayla.blogspot.com
Bahaya menggunakan kipas angin
Saat tidur malam


Cuaca panas membuat tubuh berpeluh dan menjadikan keadaan tidak nyaman karena tubuh menjadi lengket karena berkeringat.Keadaan seperti inilah yang kemudian kita menggunakan kipas angin untuk memutarkan udara dipersekitaran kita baik menggunakan kipas tradisional maupun kipas elektrik.
Kipas tradisional adalah kipas yang di gerakkan oleh tangan untuk menghasilkan angin agar mendapatkan kesegaran.Kemudian dengan semakin berkembangnya teknologi kipas tradisional pun berkembang menjadi kipas elektrik yang digerakan oleh energi listrik dan tentunya kecepatannya lebih optimal dan terus menerus.Namun demikian penggunaan kipas angin elektrik ini jauh mengundang resiko bagi tubuh anda dibanding kipas tradisional jika digunakan secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama.
Mengapa demikian?
Karena kita menggunakan kipas angin tidak dengan cara yang tepat malah akan menimbulkan berbagai penyakit yang sangat merugikan bagi kesehatan kita.Meskipun menyegarkan tubuh namun udara yang dihasilkan adalah perputaran udara sekitar saja apalagi kalau ruangan anda tanpa ventilasi udara yang baik,sehingga udara yang dihasilkan adalah udara yang kotor karna kurangnya oksigen dalam ruangan.
Jika anda menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama terutama saat tidur malam dan ruangan anda tidak memiliki ventilasi yang cukup baik maka akan mengundang penyakit dan mengganggu kesehatan anda.Kali ini saya akan memaparkan gangguan-gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kipas angin saat kita tidur malam,antara lain:

.penyakit bell pasly

Yaitu penyakit kelumpuhan namun bukan kelumpuhan tubuh melainkan kelumpuhan wajah dimana wajah akan terasa sulit tersenyum,tertawa dan ada pembengkakan didaerah tertentu karena kondisi syaraf yang menegang disebabkan suhu dingin yang dihasilkan oleh kipas dalam keadaan berterusan.

2.pasokan oksigen berkurang

Jika menghadapkan kipas kewajah maka angin yang dihembuskan tidaklah sepenuhnya oksigen karena kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen bahkan udara yang kita hembuskan akan kembali kita hirup karena angin berkutat sekitar wajah  yang mengakibatkan sirkulasi udara disekitar wajah tidak baik.

3.tubuh kekurangan cairan

Jikalau kita dalam ruangan dengan suhu dingin dalam waktu yang lama maka tubuh kita akan kekurangan cairan,hal ini akan sangat berbahaya bagi kita dan bberdampak buruk bagi fungsi organ tubuh kita.

4.kulit kering

Kondisi ruangan yang dingin akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit kita karena akan menyebabkan kulit kering.saat menggunakan kipas angin terlalu lama maka tubuh akan kekurangan air termasuk kulit.

5.otot kaku dan nyeri

Dikarenakan hembusan angin dari kipas yang terlalu lama mengakibatkan otot kaku dan nyeri karena suhu yang dingin akan menurunkan produksi cairanlubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian,maka saat kita bangun dari tidur dengan menggunakan kipas tubuh akan terasa kaku dan nyeri.

6.infeksi saluran pernafasan

Karena kipas angin tidak memiliki penyaringan udara sebab hanya berfungsi sebagai penggerak udara sehingga ruangan menjadi sejuk.
Namun demikian apabila udara yang dihembuskan kotor dan mengandung bakteri,kuman bahkan virus maka akan berbahaya bagi pernafasan kita dan menyebabkan infeksi saluran pernafasan.

7.menjadi kebiasaan buruk

Karena setiap hari menggunakan kipas angin maka otak kita mengendalikan syaraf-syaraf perasa yang mempengaruhi kenyamanan.Sehingga menjadi kebiasaan dan tidak bisa tidur tanpa kipas angin tentu ini sangat berbahaya bagi tubuh kita dan kualitas tidur yang tidak baik karena akan terasa lelah dan nyeri saat bangun tidur.

8.menurunnya suhu tubuh

Salah satu pengatur suhu tubuh adalah dengan mengeluarkan keringat.Tubuh yang normal akan mengeluarkan keringat saat tidur namun tidur menggunakan kipas akan menjadikan kulit kering dan mengecilnya pori-pori kulit sehingga keringat susah keluar.

9.mudah sakit

Keringat yang tidak keluar akan membuat lambatnya sel-sel aktivitas imun dan memudahkan tubuh terserang penyakit apa lagi kalau udara yang kita hirup mengandung virus penyakit sudah tentu kita mudah sakit.

10.sesak nafas

Dikarenakan udara yang kita hirup sedikit mengandung oksigen maka sirkulasi udara sangat buruk karna oksigen akan semakin sedikit dan justru karbondioksida yang bertambah yang menjadikan kita sesak nafas dan menimbulkan asma.

11.resiko kematian

Jika kita berada dalam ruangan tertutup dengan ventilasi yang buruk kemudian menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama maka kita akan kekurangan oksigen bahkan karbondioksida yang kita hirup sehingga merusak pernafasan kita sehingga menimbulkan kematian.

Itulah diantara bahaya menggunakan kipas angin secara berterusan saat tidur.
Untuk menghindari bahaya-bahaya tersebut hendaknya:
1.menggunakan kipas seperlunya saja
2.tidak menghadapkan kipas ke wajah
3.tidak menghadapkan kipas ke tubuh secara langsung tetapi hadapkan kipas keatas atau kedinding.
4.membersihkan kipas dengan rutin,jangan membiarkan kipas yang kotor dan tetap menggunakan karna akan menyebarkan bakteri,kuman bahkan virus penyakit.
5.jika tubuh sudah terasa sejuk hendaknya matikan kipas
6.perbanyak minum air putih agar terhindar dari kekurangan cairan tubuh.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai bahaya menggunakan kipas angin saat tidur malam.Semoga bermanfaat bagi anda sekalian dan silakan share untuk teman-teman yang lain.Terima kasih.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.