Fashion

TIPS AGAR BUMBU DAPUR TIDAK BERJAMUR DAN BAU APEK

No Comments
TIPS AGAR BUMBU DAPUR TIDAK BERJAMUR DAN APEK

resepkayla.blogspot.com

Sering kita simpan bumbu dapur kering untuk beberapa lama namun kenyataannya baru berapa hari sudah apek dan berjamur alangkah menjengkelkan apalagi kalau kita hendak menggunakannya.kita sudah parti bersungut-sungut kesal karna mesti pergi beli lagi.
Nah sebelum hal tersebut terjadi lagi yuk kita buat bumbu-bumbu seperti kemiri,ketumbar,dan jinten tahan lama dan anti jamur juga apek.
Nggak tanggung-tanggung lho boleh tahan sampai dua bulan so tunggu apalagi jom la kita buat bumbu tersebut awet,tapi disini diawetkannya tak pakai borak atau sejenisnya semua aman kok,alami aja.
Pertama untuk kemiri biar awet anda bisa menggorengnya hingga kecoklatan kemudian angkat tiriskan,setelah dingin sebaiknya disimpan diwadah yang kedap udara.
Dan sekarang kemiri terhindar dari jamur dan apek bahkan terhindar dari semut juga karena sudah tersimpan diwadah yang rapat.
Yang selanjutnya adalah ketumbar dan jinten,untuk bumbu jenis ini anda bisa menyangrainya sehingga kering kemudian tumbuk halus dan masukan dalam wadah kedap udara.
Ternyata sangat mudah ya mengawetkan bumbu dapur ini sehingga terhindar dari jamur dan bau apek.jadi sekarang anda semua tak perlu bersungut-sungut saat hendak memasak karna bumbu sudahpun terhindar dari jamur dan apek.
Sedang untuk bumbu-bumbu basah hendaknya disimpan ditempat terbuka agar tidak mudah busuk,jangan sesekali menyimpannya dalam plastik karena uap air akan menyebabkan bumbu cepat busuk.Apa bila anda menyimpannya dalam kulkas hendaknya wadah yang dipakai dialasi koran supaya uap air meresap kekoran.
Begitupun dengan sayuran hendaknya anda membungkusnya dengan koran supaya sayur tahan lama.
Untuk tahu anda mesti mencucinya terlebih dahulu kemudian merebusnya dan setelah dingin mengelapnya dengan tisu baru kemudian memasukannya dalam tupeware dan memasukannya dalam kulkas.
Untuk daging,ayam dan ikan sebelum anda memasukan dalam frezer hendaknya mencuci bersih bahan makanan tersebut dan memasukannya dalam tupeware sendiri-sendiri ya
Ini dimaksudkan untuk mempermudah pengambilannya dan tidak tercampur bau.
Nah sekarang bumbu anda sudah aman juga semua bahan makanan dalam kulkas dan kulkas anda pun aman dari bau tak sedap.dan makin semangat memasaknya karna semua terbebas dari bau.
Mari mulai lah berbenah didapur anda,kalau kata orang tua dulu hendak menilai orang tengok lah dapurnya.
Hemm tengok dapur kita macam mana bersih kah? Jorok kah? Aduh sebelum orang tengok dapur kita yuk benahi selalu agar senantiasa bersih,rapi,dan mudah mendapatkan bahan yang hendak diperlukan.
Sekian dulu TIPS DAPUR kali ini semoga bermanfaat.
Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa berbagi agar ilmu yang kita dapat tidak sia-sia.
Sampai jumpa lagi di tips yang lain

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.