Fashion

RESEP KUE CEKODOK ALA NENEK

No Comments

RESEP KUE CEKODOK ALA NENEK

resepkayla.blogspot.com
kue cekodok ala nenek

Kue cekodok ini entah asalnya mana tapi yang saya tahu ini kue sering dibuat almarhum nenek waktu itu.Sedang nenek separuh umurnya tinggal di Singapura namun karna mendapat suami orang indonesia akhirnya kembali ke tanah air dan saya jumpai kue cekodok ini ada juga di negara upin ipin dan di indonesia sendiri juga ada jadi mungkin kue cekodok ini adalah kue khas melayu sedang indonesia,malaysia dan singapura adalah serumpun maka di tiga negara ini kita dapat jumpai kue cekodok nan yummii,nenek sering membuat kue cekodok kalau panen pisang dan tak larat lagi nak makan maka nenek membuatnya menjadi cemilan sedap.Kue cekodok ini terbuat dari pisang yang sudah terlebih masak,sudah lembek dan membuat kita enggan memakan begitu saja.Kue cekodok cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat apalagi kalau suasana hujan wah tambah nikmat rasanya pas banget dengan suasana minggu pagi kemarin,"ujan gini enak buat cekodok mi" celetuk suami,kalau udah gini sih gak bisa ditunda lagi untung ada sisa pisang kemarin jadi boleh siapin kue cekodok buat suami dan anak-anak.Nah dari hasil uprek-uprek didapur dan ditolong si adik yang sibuk nak ikut juga masak akhir jadi juga kue cekodok warisan nenek ini.(Smoga nenek tenang di syurga dan diampuni sgala dosanya dan di terima amal ibadahnya aamiin).
Nah kali ini saya akan membagikan resep kue cekodok ala nenek yang mudah dan yummii punya,mungkin diantara anda ada yang sedang kebingungan mau buat cemilan apa,kue cekodok ini bisa jadi alternatif.Baiklah untuk membuat kue cekodok anda perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:
- Sesisir pisang yang terlebih masak
Kalau tak ada janji pisang itu udah empuk udah bisa dipakai kok
- 250 gr tepung terigu
- 100 gr gula pasir
- 1/2 sdt soda kue (tak pakai juga boleh)
- Minyak goreng secukupnya
Langkah pembuatannya sebagai berikut:
¤ pertama kupas pisang dan masukan dalam baskom bersama gula pasir dan haluskan pisang dengan sendok garpu sampai pisang lembut dan gula cair.
Lihat gambar:


resepkayla.blogspot.com
pisang dan gula

¤ kemudian anda masukan soda kue danaduk-aduk hingga berbuih

resepkayla.blogspot.com

setelah ditambah soda kue

¤ setelah itu anda masukan tepung terigu dan aduk rata sampai tak ada gumpalan dan teksturnya menjadi lebih lental dibandingkan sebelum masuk tepung terigu.
Lihat gambar:

resepkayla.blogspot.com
adonan siap digoreng

¤ kemudian panaskan minyak dalam wajan,setelah minyak panas kecilkan apinya dan goreng adonan cekodok sesendok demi sesendok sampai habis,jangan lupa dibolak balik agar tidak gosong.Masak kue cekodok sampai kecoklatan,angkat dan sajikan hangat-hangat bersama secangkir teh.
resepkayla.blogspot.com
Proses penggorengan

Untuk hasil yang mengembang sempurna sebaiknya kue digoreng dalam minyak banyak dan kue terendam minyak,kemarin minyak ku habis dan malas nak keluar soalnya hujan tapi kue cekodok saya masih boleh mengembang juga hehe.
Nah itulah resep kue cekodok ala nenek saya selamat mencoba semoga bermanfaat dan menjadi alternatif cemilan anda.Terima kasih telah membaca resep warisan keluarga kami.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.