Fashion

CARA MEMBUAT SAUS SAMBAL HOMEMADE

No Comments



CARA MEMBUAT SAUS SAMBAL HOMEMADE

resepkayla.blogspot.com
bahan saus sambal homemade




Membuat saus sambal sendiri adalah alternatif terbaik untuk anda pecinta saus.
Mengapa demikian,karena membuat sendiri saus kegemaran anda akan jauh lebih higenis dan menyehatkan karena anda lebih tahu betul kandungan saus anda dibanding saus kemasan.Memanglah dalam saus kemasan juga telah dituliskan komposisinya namun telah pun beredar bbrita di tv bahwa ada salah satu produsen saus yang tidak menggunakan bahan saus yang aman bagi kesehatan anda.
Seperti menggunakan cabe dan tomat busuk,menggunakan pewarna berlebihan,menggunakan tempat yang tidak higenis dan bahkan ada yang langsung tidak menggunakan cabe dan tomat melainkan hanya dengan extrak dari kedua bahan tersebut.
Alangkah berbahayanya jika anda selalu memakannya karena kandungan-kandungan bahan kimia yang terkandung sangatlah  tidak menyehatkan.Sedangkan kita senantiasa menggunakan saus untuk pelengkap anda memakan berbagai makanan.
Bagaimana jika kali ini anda mencoba sendiri membuat saus sambal agar lebih terjamin mutunya.
Nah kali ini akan saya bagikan resep cara membuat saus sambal untuk anda,sekarang anda siapkan pena untuk mencatatnya atau terjun langsung kedapur untuk membuatnya.

Bahan yang anda perlukan antara lain:

100 gr cabe rawit
50 gr cabe merah besar
3 buah tomat besar
50 gr bawang putih
100 gr bawang merah
200 gr gula pasir
Garam secukupnya
500 ml air
3 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air atau sampai agak encer.

Sudah siap bahan-bahannya pembaca?
Kalau sudah siap sekarang anda akan menuju ke proses pembuatannya.
Sekarang anda ambil kuali dan rebuslah cabe rawit,cabe merah,bawang putih,bawang merah,dan tomat yang terlebih dahulu anda cuci dengan bersih,kemudian anda rebus sampai matang atau semua bahan lembut.Agar cepat matang dan lembut anda bisa menutupnya saat merebus,setelah matang angkat dan dinginkan dalam suhu ruangan lalu anda blender semua rebusan tadi sampai halus dan saringlah.
Kemudian air saringan cabe tadi anda masak dalam kuali dengan menambahkan gula pasir dan garam.
Masaklah hingga mendidih dan anda tes rasanya sudah pas belum garam dan gulanya? Bila anda rasa masih kurang anda bisa menambahkannya sehingga rasanya pas.
Nah sekarang anda bisa memasukan maizena cair tadi kedalam saus dengan terus mengaduknya agar tidak menggumpal.Aduk beberapa saat sehingga saus menjadi kental dan licin teksturnya lalu matikan apinya.
Setelah dingin anda bisa memasukannya dalam botol atau toples yang ada penutupnya.
Sekarang saus sambal hasil tangan anda sendiri sudah siap dan anda tinggal menikmatinya bersama makanan kesukaan anda.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.