Fashion

RESEP KRIPIK DAUN SIRIH

2 comments

RESEP KRIPIK DAUN SIRIH



Selamat siang pembaca,tentu anda sudah mengenal sirih dan beraneka manfaatnya.Biasa kita menggunakan sirih untuk diminum sebagai jamu atau untuk mencegah pendarahan dihidung atau mimisan dan para orang tua dulu menggunakannya untuk nginang (mengunyah sirih dengan beberapa bahan tambahan lain).
Namun kali ini saya akan membahas mengenai kripik daun sirih,mungkin diantara anda masih banyak yang tidak tahu kalau ternyata sirih bisa dibuat kripik,selain banyak manfaatnya ternyata bisa juga dijadikan cemilan tanpa mengurangi kasiatnya.
Dari hasil ujicoba mahasiswa UNY inilah sirih menjadi cemilan yang bermanfaat dan bahkan sekarang banyak masyarakat yang meraih keuntungan banyak dari usaha kripik daun sirih dengan omset puluhan juta.
Tentu anda penasaran bukan bagaimana cara membuat kripik daun sirih ini,dan ternyata tidak lah sulit untuk membuatnya.
Disini anda perlu menyediakan bahan-bahan sebagai berikut:

Bahan-bahan:

*30 lembar daun sirih
*3 butir bawang putih
*3 butir kemiri
*sejumput ketumbar
*seruas kunyit
*garam secukupnya
*1/4 kg tepung beras rose brand
*1/4 kg tepung kanji
*2 butir telur

Langkah-langkah pembuatannya:
1. Pertama-tama cucilah daun sirih sampai bersih kemudian anda harus merebusnya terlebih dahulu untuk menghilangkan bau anyir dan rasa pahitnya.Rebus dalam air mendidih selama 2-3 menit lalu angkat dan tiriskan.Kemudian bawalah rebusan daun sirih dibawah terik matahari dan jemur hingga kering,susun lembar demi lembar agar cepat kering.
2. langkah kedua anda harus menghaluskan terlebih dahulu bawang putih,ketumbar,kemiri dan kunyit serta garam
3. Kemudian campurkan tepung beras,tepung kanji aduk rata lalu anda masukan telur dan aduk kembali kemudian tambahkan bumbu halus serta air sedikit demi sedikit hingga adonan agak kental,usahakan jangan encer adonannya ya pembaca agar adonan melekat sempurna pada daun sirih.
4. Setelah daun sirih kering anda tinggal memasukan dalam adonan tepung berbumbu tadi dan goreng hingga kecoklatan,angkat dan tiriskan agar minyaknya turun.
Setelah dingin anda bisa memasukan kedalam toples bertutup sehingga terjaga kerenyahannya.
Demikian tadi resep kripik daun sirih yang kaya manfaat.
Selamat mencoba semoga bermanfaat,dan tak lupa saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung di resepkayla.blogspot.com

2 comments

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.