Fashion

RESEP KACANG BAWANG LEBARAN

No Comments

RESEP KUE KACANG BAWANG LEBARAN


Selamat pagi pembaca yang berbahagia,sebentar lagi hari raya lebaran tiba mulai lah para wanita disibukan dengan berbagai kesibukan dari mengemas rumah sampai mempersiapkan hidangan untuk hari raya nanti.Nah sekarang tentu anda tengah mula membuka-buka agenda resep kue lebaran bukan?
Bagaimana kalau anda membuat kacang bawang yang lezat dan gurih?
Sepertinya ini hidangan lebaran yang tak boleh ketinggalan yah soalnya saya sendiri nih kalau lebaran pasti nyari ada kacang bawang tak di meja hehe.
Ngomong-ngomong tentang kacang bawang nih cara pengolahannyapun beragam,ada yang di rendam santan ada juga yang tak,ada yang pakai bawang putih tumbuk ada juga yang pakai bawang putih irisan tergantung selera masing-masing,dan tingkat kerenyahannya pun berbeda-beda.
Saya selalu ketagihan dengan kacang bawang buatan kak yati kakak ipar saya.
Pembaca tahu kenapa? Sebab selain renyah kacang bawang buatan kak yati ini gurih dan aroma bawangnya pun sangat menggoda untuk dinikmati.
Jadi penasaran gimana sih buatnya,trus ngintip dech :-D
Kak yati cakap "rendam dulu kat santan baru boleh gurih dan renyah"
Hehe pantaslah buatanku keras.
Dari hasil ngintip dapur kak yati akhirnya tersusun juga resep kacang bawang yang memang gurih dan renyah.Selain untuk catatan sendiri saya  share juga untuk anda yang akan membuat kacang bawang biar tak macam saya waktu itu kacang bawangnya keras :-( tapi sekarang tak lagi dah bisa buat macam kak yati :-D
Ini dia bahan-bahan yang anda perlukan:
250 gr kacang tanah
100 ml santan
Garam secukupnya
3 buah bawang putih tumbuk halus
4 buah bawang putih iris halus
Minyak goreng secukupnya
Air secukupnya
Nah itu dia bahan-bahannya kata kak yati,sekarang anda akan memasuki proses pembuatannya.
Pertama anda panaskan air sampai mendidih lalu angkat.
Kemudian rendamlah kacang tanah dalam air mendidih tadi hingga air menutupi seluruh permukaan kacang.
Kemudian kupaslah kacang pada suhu air hangat kuku,karna proses ini lama anda mesti melibatkan anggota keluarga untuk mengupasnya agar cepat selesai.Atau kalau anda tak mau ribet dalam urusan pengupasan anda dapat membeli kacang tanah yang sudah dikupas,sekarang sudah banyak dijual di toko-toko.Meski menggunakan kacang yang sudah dikupas anda tetap harus merendamnya dalam air panas agar hasilnya renyah kata kak yati.
Setelah selesai mengupas kulitnya lalu kacang anda rendam dalam santan yang dicampur dengan bawang putih halus dan garam selama sejam agar santan dan bumbu meresap.
Lalu goreng dengan api sedang bersama irisan bawang putih,jika bawang putih sudah kering duluan harap anda angkat terlebih dahulu agar tidak gosong goreng kacang sampai agak kecoklatan dan angkat.Jangan goreng kacang sampai coklat sangat karena nanti hasilnya jadi gosong soalnya meski kacang sudah diangkat panas masih memproses kacang sehingga kacang terlebih matang.jadi kalau udah agak kecoklatan hendaknya anda angkat lalu tiriskan dan letakkan diatas wadah berlapis tisu agar minyak turun,setelah dingin masukan dalam toples.
Nah itulah resep kacang bawang renyah dan gurih.
Selamat mencoba dan terima kasih.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.