Fashion

BAHAYA TERLEBIH MINUM AIR PUTIH

No Comments
resepkayla.blogspot.com
air putih
"Tiba-tiba gelap dan sesak nafas lalu ketika sadar sudah berada diatas pembaringan"
Kisah diakhir tahun 2000 dimana saya baru saja melakukan perjalanan jauh  dengan berjalan kaki dalam kondisi puasa dan cuaca sangat terik,karna tak kuat  rasa badan maka saya singgah rumah saudara yang kebetulan terlewati.
Tahukah anda apa yang saya lakukan sesampai rumah saudara?
Tanpa pikir panjang saya langsung minum air putih sampai habis tiga gelas tanpa mengindahkan teguran saudara saya"bukankah kamu puasa"tegurnya
Namun dahaga mengalahkan segalanya saat itu dan semua menjadi gelap disertai sesak nafas dan bummm terjatuhlah badan.
Setelah ditelusuri ternyata apa yang terjadi pada saya  saat itu adalah kelebihan minum air putih dalam kondisi badan kecapaian dan mengeluarkan banyak keringat.

Air putih adalah obat alami bagi tubuh kita namun tahukah anda jika kita terlebih meminum air putih itu akan membahayakan bagi diri kita?
Meminum air putih 8 gelas sehari atau seliter air memang sangat dianjurkan untuk mencegah tubuh daripada dehigrasi,akan tetapi jikalau anda mengkonsumsi air lebih dari satu liter sehari akan sangat membahayakan tubuh anda.

Disaat kita kehausan biasanya kita akan segera meminum air untuk menghilangkan rasa dahaga namun demikian kita mesti tetap menhendalikan diri dalam meminum air supaya masukan air dalam tubuh berlebihan sehingga terjadi overhydration.

Kelebihan air minum akan meningkatkan tekanan darahyang mengalir keginjal dan merusak sistem peredaran darah disebabkan  terlalu banyak menyaring air yang keluar.

Tahukah anda bahwa overhyration juga dapat menimbulkan kematian?
Mengapa bisa menimbulkan kematian?
Disebabkan terlebihnya air dalam tubuh anda maka cairan dalam tubuh andapun akan mengencer dan mengakibatkan jumlah natrium dalam tubuh menjadi berkurang dan membengkaknya sel dalam tubuh termasuk sel otak yang menyebabkan hilang kesadaran,kejang dan menjadi koma lantas meninggal.

Umpamakan diri anda seorang atlit lari selepas melakukan aktifitas lari tentu sangat haus dan apabila meminum air secara berlebihan saat itu tentu sangat membahayakan tubuh anda.
Tak hanya seorang atlit andapun ketika melakukan aktifitas yang banyak mengeluarkan keringat tentu akan merasakan kehausan dan menghendaki segera meminum air sampai dahaga hilang bukan?
Namun anda mesti ingat cukuplah meminum seperlunya jangan sampai berlebihan.

Seperti dianjurkan oleh  the international marathon medical directors association supaya tidak mengkonsumsi air secara berlebihan.
Dan menganjurkan mengkonsumsi air sekitar 0,03 liter per kg berat badan jadi misalkan berat badan yang dipunyai sekitar 100 kg maka konsumsi air maximal 3 liter per hari.

Semua yang berlebihan memang berdampak buruk bagi kita maka dari itu sebaiknya tetap pada aturan yang ada agar tubuh anda terhindar dari dehigrasi dan overhygration.

Demikianlah penjelasan tentang bahaya berlebihan mengkonsumsi air putih.
Semoga bermanfaat bagi anda semua.
Jaga kesehatan lebih utama daripada mengobati,mari galakan minum air 8 gelas perhari .
Terima kasih

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.